Selasa, 28 Juni 2011

Membiasakan Diri Menulis

Menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Sebelumnya, saya menganggap menulis itu sulit. Karena dalam benak saya, apabila kita ingin menulis, maka kita harus terlebih dahulu menentukan topik dan membuat kerangka tulisan yang rapi dan teratur. Hal tersebut penting, namun yang lebih penting adalah bagaimana membuat diri kita terbiasa menulis.

Cara yang paling mudah untuk membiasakan diri dalam menulis adalah “MULAI MENULIS SEKARANG JUGA”. Menulis apa? Apa topiknya? Tulislah apa saja yang ada dalam pikiran anda. Meskipun hasil pertamanya tidak sesuai dengan yang anda harapkan. Biarkan topik tulisan kita berserakan tidak tentu arah. Apabila kita kehabisan ide untuk satu topik tulisan, maka beri tanda “KOMA”, buat halaman baru dan beralihlah ke topik yang lain. Di lain waktu apabila ada ide untuk menambah atau menyempurnakan topik terkait, maka lanjutkan lagi tulisan tersebut. Tidak ada kepandaian yang datang dalam sekejap. Demikian pula halnya dengan kepandaian menulis.

Salah satu cara terbaik untuk membiasakan diri dalam menulis adalah menyediakan waktu setiap hari untuk kegiatan menulis. Terus lakukan dengan rutin dan lihat hasilnya dalam waktu satu bulan. Ada berapa topik yang berserakan di laptop anda? Ada berapa tulisan sederhana yang telah anda buat? Ada berapa tulisan yang siap untuk diposting ke blog pribadi anda? Anda akan tercengang sendiri melihat hasil yang anda capai.

Latihan: Luangkan waktu satu jam sehari untuk kegiatan menulis, tetapkan jam menulis anda dan jangan pernah memberikan toleransi kepada diri anda untuk tidak menulis meskipun hanya sehari. Lakukan selama tigapuluh hari.

Kita harus melatih diri kita untuk mulai menulis. Dengan demikian, seiring berjalannya waktu, kita akan mendapatkan kebiasaan menulis yang bagus. Setelah kebiasaan menulis kita dapatkan, barulah mulai memperbaiki kualitas tulisan kita. Mulai dari pemilihan kata yang sesuai, baku atau tidak baku, susunan kalimat yang sesuai, alur tulisan yang terarah, referensi tulisan dan seterusnya. Pada akhirnya, kita bisa dan memiliki kemampuan untuk menjadi penulis hebat, bahkan mendapatkan penghasilan dari hobi menulis. Asyik bukan, mendapatkan uang dari suatu kegiatan yang kita senangi.

Perhatian: Menjadi penulis yang hebat juga tidak akan terjadi dalam semalam. Diperlukan ketekunan dan kedisiplinan untuk itu. Ingatlah satu prinsip penting dalam belajar. Tidak ada orang yang bodoh dalam mempelajari sesuatu, yang ada hanyalah orang yang rajin dan pemalas. Tentunya prinsip ini juga berlaku dalam hal belajar menulis.

Tulisan sederhana inipun dimulai hanya dari keinginan untuk membiasakan diri untuk menulis. Tidak lebih dan tidak kurang.

Artikel pada: http://rumpunpena.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar